10 Hal Tentang Polio Yang Perlu Diketahui dan Dilakukan


  1. Polio tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah. Cara untuk mencegah penyakit yang merupakan musuh berbahaya bagi anak-anak, karena dapat menyebabkan kelumpuhan ini adalah dengan imunisasi.
  2. Penyebaran penyakit ini begitu cepat, tanpa mengenal status sosial ataupun batas wilayah. Setiap anak yang belum diimnisasi berisiko terhadap penyakit yang meneybabkan kelumpuhan ini. Indonesia merupakan negara berpredikat bebas polio selama 10 tahun, kini Indonesia kembali diserang virus polio, tiba-tiba polio masuk kembali ke Indonesia.
  3. Dalam rangka upaya pemberantasan polio, pemerintah mengadakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) . PIN diadakan untuk memberi kekebalan kepada semua anak balita terhadap Polio dengan menetskan vaksin polio oral kepada setiap balita. Orang tua wajib membawa setiap anak balitanya ke pos-pos pelayanan imunisasi setiap kali PIN diselenggarakan.
  4. Vaksin polio adalah satu-satunya senjata yang manjur, aman dan halal. Satu-satunya cara menghadapi polio adalah memberikan vaksin polio yang diteteskan ke mulut balita, yang dikenal sebagai Oral Polio Vaccine (OPV). Vaksin ini aman, efisien dan manjur. Untuk memberikan perlindungan seumur hidup, imunisasi dengan vaksin OPV perlu diberikan beberapa kali. OPV telah dinyatakan halal oleh pemimpin agama sedunia, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI).
  5. Membebaskan Indonesia dari polio adalah persoalan martabat bangsa. Virus ini berkelana beribu-ribu mil dari Afrika Barat dan kini menjangkiti Indonesia. Virus polio dapat dengan mudah menyebar dari tanah air kita ke negara-negara tetangga. Kita tentunya tdak ingin Indonesia menjadi negara pengekspor polio.
  6. Upaya pemberantasan polio dari bumi Indonesia merupakan tanggung jawab kita bersama,. Diperlukan upaya dan kerja sama untuk melindungi anak-anak kita, tidak hanya untuk saat ini, tapi juga demi terjaminnya masa depan anak cucu kita dari ancaman polio. Seluruh dunia berupaya membasmi polio melalui program Eradikasi Polio Global yang telah berhasil memangkas kasus polio hingga lebih dari 99%. Balita kita tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka bergantung kepada kita untuk bisa diselamatkan dari ancaman polio.
  7. Polio sangat menular. Satu anak saja yang tidak diimunisasi, maka seluruh anak yang ada disekitarnya terancam polio.
  8. Anak Indonesia berhak hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Merebaknya polio membuktikan bahwa betapa pentingnya imunisasi rutin terhadap berbagai penyakit yang menyerang anak. Di Indonesia, hanya 70% anak-anak yang diimunisasi secara rutin, bahkan angkanya lebih kecil lagi di daerah-daerah miskin. Anak-anak kita berhak hidup sehat dan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
  9. Anda bisa, kita semua bisa. Bergabung bersama menyebarluaskan ajakan ini agar semua anak bebas polio. Setiap orang berperan dalam penyediaan vaksin ini bagi semua balita. Setiap keluarga perlu mengetahui fakta mengenai polio dan arti imunisasi. Mari sebarkan hal ini kepada para teman dan tetangga anda. Ajarkan kepada anak-anak mengenai polio di sekolah. Bergabunglah dengan masyarakat di sekitar anda pada Pekan Imunisasi Nasional untuk mendorong agar anak-anak diimunisasi. Gunakan media untuk mendidik masyarakat. Begitu banyak cara untuk menyampaikan dukungan anda.
  10. Pekan Imunisasi Nasional yang terdiri dari dua putaran akan diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus dan 27 September 2005. Mari bergabung dengan masyarakat di lingkungan anda pada hari-hari tersebut untuk kembali mewujudkan Indoensia bebas polio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s